No$GBA 2.8f (Emulator NDS dan GBA)

NO$GBA
emulator NO$GBA
Developer
Martin Korth
Rilis pertama
13 Maret 2002
Sistem Operasi
Microsoft Windows, DOS
Tipe
Emulator Nintendo DS dan GBA
Lisensi
Freeware
NO$GBA (dibaca no cash GBA) adalah emulator freeware untuk konsol Nintendo DS dan GBA (Game Boy Advance) yang dapat digunakan pada sistem operasi Microsoft Windows dan DOS.

NO$GBA merupakan salah satu emulator Nintendo DS pertama yang dapat berfungsi dengan baik yang kemudian dikomersialkan secara luas. NO$GBA dibuat oleh Martin Korth.

Sejarah

  • Sebagai Emulator Game Boy (GB) dan Game Boy Advance (GBA)

Developer Martin Korth pertama kali membuat emulator GB yang ia beri nama NO$GMB untuk sistem operasi DOS pada tahun 1997. Ketika konsol Game Boy Color dirilis tahun 1998, emulator ini pun di upgrade agar bisa support dan memainkan games pada konsol Game Boy Color. Emulator ini dibuat menjadi shareware. Untuk mendanai upgrade tersebut, maka setiap pemain yang mengunduh emulator ini dikenakan biaya 10$. Emulator yang sudah support Game Boy Color ini kemudian di copy oleh banyak Cracker Software dan kemudian dirilis sebagai freeware.

Pada tahun 2001, Nintendo merilis Game Boy Advance. Martin Korth kemudian juga merilis NO$GBA yang dapat digunakan di Sistem Operasi Windows dan DOS. Emulator NO$GBA ini mendukung fitur multiplayer.

  • Sebagai Emulator Nintendo DS

Nintendo merilis Nintendo DS pada November 2004 dan ini juga merupakan pengembangan untuk NO$GBA agar bisa support dan memainkan games yang ada di Nintendo DS.

Versi stabil NO$GBA yang pertama adalah NO$GBA versi 2.1 yang dirilis tanggal 17 Mei 2005. Namun versi ini belum mampu untuk memainkan permainan yang ada di Nintendo DS. Pada 22 Januari 2006, versi 2.2 dirilis. Pada versi ini NO$GBA sudah bisa memainkan permainan Nintendo DS meskipun masih ada beberapa permainan yang belum bisa berjalan sempurna di emulator ini dan juga masih banyak terdapat beberapa glitches dimana-mana.

Versi 2.3 dirilis tanggal 4 Agustus 2006. Versi ini sudah bisa support hampir semua fitur Nintendo DS termasuk juga 3D rendering. Hal ini kemudian berlanjut pada versi 2.3b yang dirilis tanggal 4 November 2006 yang menambahkan fitur Nintendo DS Sound Emulation (support suara Nintendo DS). Versi 2.3d dirilis tanggal 23 Februari 2007. Fitur 3D rendering ditingkatkan dan ditambahkan juga support mikrofon untuk permainan seperti Mario Party DS dan The Legend of Zelda: Phantom Hourglass.

Pada 5 Juni 2007, NO$GBA versi 2.4b dirilis. Pada versi ini sudah bisa menjalankan fitur DS-WiFi. Namun, terlepas dari program yang bisa mengirim dan menerima data dari sinyal WiFi, data tersebut tidak berfungsi untuk ROM komersial (Permainan Nintendo DS komersial). Pada 3 September 2007, versi 2.4c dirilis. versi ini sudah support untuk Action Replay dan kode breaker untuk permainan NDS.

Versi 2.5 dirilis pada tanggal 4 Oktober 2007. Di versi ini frame rate dan 3D rendering ditingkatkan menjadi lebih baik. Hal ini juga berlanjut untuk versi 2.5b pada tanggal 3 November 2007 yang memasukkan fitur 3D Frame Skipping.

Pada 18 Desember 2007, versi 2.6 dirilis. ROM DS mampu berjalan pada frame rate yang lebih tinggi karena masuknya fitur 3D Rendering Software dan OpenGL. Versi 2.6a dirilis pada 23 Januari 2008. Pada versi ini kecepatan ROM DS meningkat karena pengoptimalan fitur-fitur umum pada program.

Pada 23 Mei 2013 versi 2.7 dirilis. Proyek NO$GBA sempat berhenti selama beberapa tahun sampai dirilisnya versi ini.

Pada 17 Agustus 2013, versi 2.7a dirilis. Proyek NO$GBA kembali aktif dan memulai penelitiannya pada DSi << ini apa yah? ada yang tau?

Pada 9 November 2014, versi 2.7d dirilis. NO$GBA sekarang bisa juga menjalankan permainan konsol PSP.

Pada 2 Februari 2015, versi 2.8 dirilis. DSi Support kini sudah banyak diterapkan pada NO$GBA. Setelah versi ini banyak sekali dilakukan perubahan-perubahan sampai pada versi 2.8f yang dirilis tanggal 23 Juli 2017


NO$GBA Debugger

NO$GBA Debugger adalah alat pengembangan (developing tool) yang digunakan untuk mengetes ROM GBA dan Nintendo DS. Debugger ini di desain untuk para programmer dan sudah dituliskan sebagai "completely useless to gamers" atau yang artinya "benar-benar tidak berguna untuk gamers" (bisa dilihat di bagian READ ME.txt) oleh sang Developer, Martin Korth.

Debugger Ini bersifat shareware dengan harga $15 untuk pengguna rumahan dan $750 untuk lisensi komersial tunggal (single commercial licence). Namun pada versi 2.7c yang dirilis tanggal 28 Juli 2014, kedua versi ini (NO$GBA dan NO$GBA Debugger) dibuat menjadi freeware (Gratis).

Link Download NO$GBA 2.8f

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "No$GBA 2.8f (Emulator NDS dan GBA)"

Posting Komentar

Peraturan Berkomentar
1. Gunakan bahasa yang sopan dan santun
2. Dilarang berkomentar spam, porno, dan hal yang dilarang lainnya
3. Dilarang menyertakan link aktif